The White Heart Hacker

JS-Alert

Pencarian jati diri ini dimulai sejak Januari 2007 ketika itu saya masih bekerja paruh waktu pada sebuah perusahaan di daerah Pancoran. Keadaan ini (mempunyai cukup banyak waktu) memungkinkan saya untuk  untuk belajar banyak hal selain menuntut ilmu agama.

Saya terlahir di keluarga yang sederhana, Setelah lulus SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) saya memutuskan bekerja karena mungkin akan terlalu merepotkan kedua orang tua jika saya memaksa mereka membiayai saya kuliah. Pada saat itu, selain bekerja paruh waktu saya belajar tentang web design, html, css, javascript, perangkat lunak komputer, perangkat keras komputer (terkadang belajar merakit sendiri), belajar hacking dan sebagai media percobaan adalah friendster ^^.

Butiran-butiran ketertarikan terhadap IT (Information Technology) dan TI (Teknik Informatika) bersemi pada awal tahun 2007, pada saat itu saya mulai gemar dan rajin duduk di depan komputer untuk e-learning, dimulai dari situs ilmukomputer[dot]com sampai ke situs jasakom[dot]com, membuat web dengan bahasa html dan javascript, sampai belajar AutoCAD 3 Dimensi pun alhamdulillah hanya mengandalkan e-learning dan minjem buku-buku milik temen yang anak kuliahan ^^.

Dulu (masih kanak-kanak) ketika seseorang bertanya kepada saya, cita-cita kamu apa? saya menjawab “ingin jadi pilot Angkatan Udara”. Namun sekarang jika ditanya tentang cita-cita kamu apa? hmm.. saya mengartikan cita-cita adalah sebuah ketertarikan terhadap apa yang akan kita tekuni nanti, maka jika demikian.. entah hati ini begitu tertarik terhadap pemrograman, IT dan TI.

Saya lebih setuju jika definisi “Hacker” dikembalikan kepada arti yang positif yaitu White hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada peretas yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat hacker secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.

Kapan ya.. saya mampu untuk menjadi hacker? bukan white hat hacker dan juga bukan black hat hacker, melainkan white heart hacker.

Salam semangat.

This entry was posted in my notes and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

