Siapa Berani Bicara Maka Dia Harus Lebih Berani Untuk Mendengar

Entah! apa yang melatari sebuah tulisan ini yang saya ketik pada jam 21:50 WIB. Tiba-tiba saja saya berpikir bahwa ketika seseorang mampu untuk berbicara maka seharusnya ia lebih mampu untuk mendengar, mengapa? karena terkadang kita mampu berpendapat namun kurang mampu menerima pendapat orang lain, terkadang kita mampu berkomentar namun kurang mampu menerima komentar orang lain, betul?

Seorang manusia normal pada umumnya terlahir dengan memiliki dua (sepasang) telinga yaitu pada bagian kanan dan kiri kepalanya, dan diberikan modal satu buah mulut untuk berbicara, saya tidak akan banyak membahas satu per satu tentang panca indera karena hal tersebut tidak temasuk pembahasan pada kesempatan ini ^^. Pernah saya mendengar dan mungkin kamu juga pernah mendengar bahwa kita hanya memiliki satu buah mulut namun memiliki dua (sepasang) telinga, mengapa? mungkin saya hanya bisa menjawab dengan apa yang telah saya ketahui dari mereka yang telah mengungguli saya dalam hal ilmu yaitu hikmahnya “agar manusia itu lebih banyak mendengar nasihat daripada berbicara (yang tidak bermanfaat)”.

Pernah mendengar atau menyadari bahwa hampir semua indera yang kita miliki adalah sepasang namun itu tidak berlaku bagi mulut, mengapa? mari sama-sama kita renungkan.

This entry was posted in my notes and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

